Lembaga Keungan, LKM Solusi Mendapatkan Modal Usaha Untuk UKM


Kredit usaha rakyat 2016 Sebelum memulai usaha pastinya kita harus memikirkan tentang modal, nah banyak pelaku bisnis yang bingung mencari modal namun tidak merugikan mereka. Banyaknya pilihan dari beberapa bank atau lembaga keuangan sebenarnya sudah menjadi jalan keluar yang baik bagi para pengusaha yang masih bingung dengan hal tersebut. Sehingga tidak memperhatikan detail produk pinjaman yang dipilihnya. Yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan pinjaman untuk modal usaha adalah perhatikan kredibilitas lembaga atau bank tersebut. Anda bisa mencoba mengajukan kredit usaha rakyat di LKM yaitu sebuah lembaga keuanganmikro yang juga menyalurkan kredit usaha bagi usaha mikro. Namun ada beberpa hal yang harus Anda perhatikan sesuai dengan petunjuk OKJ (otoritas jasa keuangan).
 



Dari yang sudah ditetapkan oleh OJK, lembaga keuangan masyarakat yang sudah legal dan berizin memiliki sejumlah kepastian dari sisi aturan dan hukumnya. Maka jika dikemudian hari terjadi pemesalahaan lembaga tersebut ada UU yang dapat menjadi pegangan peminjam. Sebab ada saja kasus di aman dana yang dikelola setelah besar kuarang diawasi sehingga menyebabkan banyak kerugian bagi pengguna jasa LKM yang bersangkutan. Dengan adanya peraturan ini diharapkan masyarakat dapat memilih lemabaga keuangan yang legal untuk menghindari resiko kredit macet atau masalah lainnya.

Bentuk lembaga diakaui 
Bentuk LKM yang diakui adalah koperasi yang sudah memiliki izin perseroan terbatas (PT) berbentuk bank desa, bank pasar, bank pegawai, bank kredit desa, bank kredit kecamatan, kredit usaha rakyat kecil, lembaga perkreditan kecamatan, badan usaha kredit pedesaan, BMT (lembaga keuangan syariah mikro) dan lembaga sejenis lain yang setingkat dengan kredit desa. Bila lembaga keuangan lain tidak terdaftar OJK maka jangan dipercaya.

Tingkat kesehatan keuangan LKM
OJK menentukan sejumlah persyaratan modal yang disetorkan oleh LKM ditetapkan minimal untuk tingkat desa Rp 50 juta, kecamatan Rp 100 juta, dan kabupaten/kota minimal Rp 500 juta. Maka jika Anda menemui UKM yang menawarkan modal kurang dari angka tersebut baiknya cari tahu terlebih dahulu perizinannya. 

Pinjaman di lembaga keungan ini dapat menjadi pilihan untuk para pengusaha dalam skala kecil menengah di daerah-daerah. Namun sebelumnya perhatikan ketiga hal di atas sebelum mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat 2016. Go UKM Indonesia.

0 Response to "Lembaga Keungan, LKM Solusi Mendapatkan Modal Usaha Untuk UKM "

Posting Komentar