Mengenal Kredit Usaha Rakyat BRI dan Cara Pengajuannya



Hal pertama yang menjadi masalah pengusaha pasti adalah modal usaha. Tidak usah khawatir karena selalu ada jalan keluar untuk semua masalah. Untuk si pesimis pasti sudah putus asa sebelum mencoba, namun jika Anda memiliki tekat yang besat dan semangat untuk berbisnis tentu ini tidak akan menjadi halangan. Kini sudah banyak solusi untuk Anda para pengusaha yang ingin memulai bisnis, salah satunya adalah Kredit Usaha Rakyat atau yang disingkat dengan (KUR). Apa itu KUR? Secara sederhananya KUR merupakan bantuan yang ditawarkan pemerintah yang berkerja sama dengan beberapa Bank Nasional seperti, BRI, Mandiri, BNI, Bank Bukopin, Bank BTN dan lainnya. Pinjaman ini seperti angin segar untuk para pengusaha kecil menengah. Pengguna KUR sendiri tidak dibatasi, misalnya Anda sudah memiliki usaha namun ingin menambah modal untuk mengembangkan usaha Anda juga bisa menggunakan fasilitas pinjaman KUR. 
Bila Anda berminat namun tidak terlalu mengerti dengan sistem peminjaman dana satu ini, kami akan bahas mengenai Kredit Usaha Rakyat BRI. Syarat penerima kredit usaha ini terdiri dari KUR Mikro dengan batas kredit modal 25 Juta perdebitur, KUR Ritel dengan batas kredit modal 25 juta – 500 juta, dan KUR TKI untuk membiayai calon TKI dengan batas kredit modal RP. 25 juta. Sektor usaha yang dibiayai sesuai dengan ketentuan pemerintah. Jika Anda ingin membuka usaha rumahan, KUR Mikro sangat pas untuk dijadikan jalan keluar. Syarat calon pengguna kredit tersebut adalah:  

- Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak.
- Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan.
- Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit.

Nah, sebelum mengajukan kredit pinjaman tersebut apakah Anda sudah sesuai dengan kriteria pengguna kredit usaha rakyat BRI di atas? Bila sudah, ketahu terlebih dahulu pinjaman tersebut. Untuk KUR BRI mikro besar kredit maksimal sebesar Rp. 25 juta. Anda bisa memilih dua jangka waktu kredit, yaitu Kredit modal Kerja dengan jangka waktu maksimal 3 tahun dan Kredit investasi dengan jangka waktu maksimal 5 tahun. Suku bunganya cukup kecil 0.41% perbulan dan tidak dipungut biaya provinsi atau administrasi. Lalu bagaimana cara pengajuannya? 

- Harus Anda pastikan bahwa usaha Anda merupakan usaha produktif.
- Persiapkan berkas-berkas tau dokumen yang diperlukan seperti (KTP, kartu keluarga, keterangan domisili, legalitas usaha (akte pendirian usaha), surat ijin usaha (SIUP, TDP).
- Setelah semuanya siap datangi kantor atau bank terkait yang menyalurkan dana KUR, karena kali ini Bank yang ingin kita tuju adalah BRI, maka kunjungi Bank BRI terdekat.
- Serahkan surat permohonan kredit usaha rakyat serta dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan KUR tersebut pada pihak Bank.
- Terakhir, Bank akan melakukan survei terhadap usaha Anda. Lalu Bank akan menilai apakah pengajuan KUR Anda layak atau tidak. Jika usaha Anda dinilai memenuhi syarat, maka pengajuan kredit Usaha ini akan disetujui dan segera cair.

Jangan ragu mengembangkan usaha, bila jelas-jelas usaha yang sedang Anda geluti ada kemungkinan untuk berkembang. Jika modal tidak mencukupi, tidak ada salahnya untuk mencoba layanan pinjaman yang ditawarkan pemerintah satu ini. Semoga beberapa infomasi ini bisa menambah wawasan Anda untuk dalam mencari modal usaha. Semoga sukses!


2 Responses to "Mengenal Kredit Usaha Rakyat BRI dan Cara Pengajuannya"

  1. Assalamualaikum wrb,saya Sri Hartati asal Solo
    ,,KEHIDUPAN NYATA SAYA,,
    niat saya hanya ingin berbagi kebaikan khusus kepada orang yang mengalami kesusahan,percaya tidak percaya semua kembali pada pembaca postingan saya,awalnya saya seorang pengusaha yang bisa dibilang Ekspor/impor barang,tapi di balik semua itu banyak yang tidak suka kalau saya sukses, sehingga bisnis saya bangkrut dan mempunyai utang dimana2. saya sempat stres memikirkan semuanya, saya punya anak dua dan mash kecil2,saya sempat putus asa dan tidak tau mau berbuat apa,sehingga saya sempat mau mengakhiri hidup,tapi setiap saya melihat anak saya semua putus asa saya hilang. Dan tanpa disengaja ada seseorang memberi saya saran dia menyarangkan saya untuk menghubungi K.h.Habib Idrus.beliau membantu dan memberikan saran yang tidak bertentangan dari syariat ajaran agama,awalnya sih saya ragu tapi krn beliau adalah pimpinan pondok pesantren SUPRANATURAL AL-KHAIRAT Sehingga sy percaya dan beranikan diri mencoba saran/petunjuk dari beliau .syukur Alhamdulillah dengan saran beliau saya sekarang memulai usaha kembali dan saya bisa biayai sekolah anak bahkan bisa mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga.terimah kasih ya Allah krn engkau telah memberikan mujizat bagi keluarga sy melalui perantara bantuan K.h Habib Idrus Sehingga bisa membangun usaha sy kembali.ini adalah pengalaman dan kisah nyata pribadi saya. Untuk Info dan Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< khusus bagi teman2 yang sempat baca dan punya masalah utang piutan, ekonomi atau kesulitan cari modal usaha. Semoga dengan ini bsa membantu dan mengatasi masalan anda semua, Anda tak usah ragu ataupun tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..ya rabbal alamin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalamu alaikum wr wb..
      bismillahirrahamaninrahim... senang sekali saya bisa menulis
      dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
      dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
      namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
      akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
      saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
      dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
      dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KH. JAYA hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
      dan melihat langsung hasilnya, `
      saya akhirnya bergabung dan mengunjung websiteNya http://intitunggal.blogspot.com
      semua petunjuk KH. JAYA saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
      alhamdulilah demi allah dan anak saya,
      akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
      semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih KH. JAYA saya tidak akan melupakan jasa aki.
      jika teman teman berminat, yakin dan percaya insya allah,
      saya sudah buktikan demi allah silahkan kunjungi web resmi www.intitunggal.blogspot.com/ atau KLIK DISINI























































































































      Hapus